Pada penulisan kali ini saya akan membahas sebuah game yang telah saya buat guna melengkapi tugas softskill ke-2, yaitu game Matces "Dracula Jahat". Game ini hampir sama dengan game macthes pada umumnya, hanya saja terdapat perbedaan berupa icon,menu, dll. Game ini saya buat menggunakan software strawberry prolog, dimana Matches merupakan permainan yang berkonsep Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) AI. Matches ini menerangkan bagaimana user harus dapat melawan AI. Jika user tidak mengambil ikon yang terakhir maka user akan memenangkan permainan tetapi apabila user mengambil ikon dracula yang paling akhir maka user dinyatakan kalah dalam permainan. Dalam permainan Matches ini, tidak terdapat hasil seri/seimbang yang ada hanya menang atau kalah.
Disini saya berusaha untuk mengembangkan lebih baik game matches yang biasa, dengan cara menambahkan splash screen, menu utama, background, dan mengganti batang korek dengan ikon dracula. Menu yang tersedia dalam menu utama yaitu Play dan About. Play berfungsi untuk mulai permainan sedangkan About untuk menampilkan informasi tentang pembuat game. Dalam menubar GUI permainan terdapat Menu start yang didalam nya terdapat new game yaitu untuk memulai permainan baru serta exit yaitu untuk keluar dari permaian dan terdapat juga menu How to Play untuk menampilkan informasi tentang bagaimana cara bermain. Saya memilih ikon dracula karena saya ingin mengubah suasana dalam bermain game ini menjadi lebih horror dan memiliki karakter tersendiri, karena bukan hanya ikonnya saja tetapi backgroundnya juga berupa gambar dracula ditambah lagi dengan suara musik yang tegang saat bermain game ini. Maka dari itu game yang saya kembangkan ini saya berinama Macthes "Dracula jahat”.
Berikut ini adalah tampilan game matches dracula jahat pada saat dirunning, maka akan muncul tampilan splash screen seperti berikut.
Kemudian setelah loading selesai, akan masuk ke scene menu utama seperti gambar di bawah ini.
klik About, maka akan pindah ke scene tentang pembuat game. seperti berikut
Kemudian apabila Klik Play pada scene menu utama akan berfungsi untuk memulai permainan, Cara bermainnya user memulai permainannya terlebih dahulu dan user diberi kebebasan untuk memilih ikon dracula mana saja yang akan diambil selama berada di papan permainan. Setelah user jalan, selanjutnya adalah giliran komputer. Ini dilakukan secara bergantian selama permainan berlangsung. Tidak ada perbedaan ikon antara user dengan komputer. Disini user hanya bisa mengambil ikon secara kolom, yang terakhir mengambil ikon dracula adalah yang kalah. Berikut adalah tampilan saat masuk ke scene permainan.
Jika kita mengklik how to play pada menu bar dibagian scene permainan, maka akan muncul pesan cara bermain berupa textbox seperti gambar berikut.
Tampilan saat menang.
Tampilan saat kalah.
Anggota kelompok kelas 3IA04 :
1.Hilman Zuhdi (53412486)
2.Firmansyah (52412988)
3.Radhi Al-hamid (55412856)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar